7 Sebab Medis Keluarnya Air Mata

7 Sebab Medis Keluarnya Air Mata

LASKARQ LOUNGE – 7 Sebab Medis Keluarnya Air Mata, Cucuran Air mata kesedihan sudah pasti pernah kamu rasakan. Paling Mudahnya karena patah hati. Tetapi perlu kamu ketahui jika air mata yang keluar itu bukan hanya dikarenakan tekanan mental, namun juga bisa karena kesehatan.

Banyak hal yang dapat menimbulkan produksi air mata. Berikut ini adalah 7 Sebab Medis Keluarnya Air Mata, Selain alasan emosional.

1. Bulu mata tumbuh ke dalam

Jangan Digunting, Lakukan 7 Cara Ini Untuk Memanjangkan dan Mempertebal Bulu  Mata Indahmu

Ketika bulu matamu tumbuh terlalu ke dalam, ia pastinya akan bergesekan dengan matamu. Hal tersebut akan menggangu mata dan menyebabkan matamu terus mengeluarkan air mata. Jika dibiarkan kamu bisa mendapatkan masalah lebih serius yang berhubungan dengan kornea mata.

2. Mata lelah

Mata Lelah : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan | Hello Sehat

Mata kita yang lelah menyebabkan mata kering dikarenakan otot. Sebenarnya secara imun, tubuh akan merespon dengan menghasikan banyak air mata.

Tetapi jika kasus mata kering ini tak kunjung pergi, itu berarti waktunya pergi ke dokter. Mata lelah dan kering dapat membuatmu merasakan rasa menyengat hingga terbakar.

3. Kemasukan benda asing

7 Penyebab Medis Keluarnya Air Mata, Tak Cuma Emosional

Debu dan benda kecil asing lainnya memungkinkan masuk ke matamu. Secara spontan, matamu akan merespons dengan air mata demi mengeluarkan benda asing tersebut.

Karena itu, banyak yang menyarankan jika kamu kemasukan sesuatu di mata, walaupun gatal jangan menguceknya. Biarkan air matamu yang mengeluarkannya.

4. Alergi

7 Penyebab Medis Keluarnya Air Mata, Tak Cuma Emosional

Banyak orang yang memiliki alergi, namun jarang ada yang sadar jika alergi tersebut mempengaruhi kondisi mata mereka. Paparan serbuk sari, tungau hingga uap mampu membuat mata merah, gatal dan berair. Itu berarti kondisi cuaca di luar dapat memberikan efek alergi

5. Infeksi dan penyakit mata

7 Penyebab Medis Keluarnya Air Mata, Tak Cuma Emosional

Salah satu jenis infeksi dinamakan mata merah muda yang mana matamu tampak merah dan sering mengeluarkan air mata. Gejala-gejala lain yang bisa mengikuti mata merah muda ini adalah penglihatan yang kabur, lendir di mata dan merahnya kelopak mata bagian dalam. Infeksi macam ini bisa datang dari datangnya penyakit mata.

6. Efek samping obat-obatan

Mata Kering - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter

Ada banyak obat yang menyebabkan hal ini. Mulai dari obat jerawat hingga obat tidur dapat menyebabkan hal ini. Cukup dengan berhenti meminum obat ini akan membuat normal kembali matamu.

7. Efek terapi radiasi

7 Penyebab Medis Keluarnya Air Mata, Tak Cuma Emosional

Terapi radiasi membuat sel-sel di kelenjar mengalami kerusakan hingga menyebabkan adanya peradangan yang mana membuat adanya pengurangan produksi air mata. Akibat hal tersebut, mata pun menjadi kering. Dengan berhenti dari terapi, produksi air mata kembali normal, namun karena merespons mata yang kering, terdapat produksi ekstra air mata untuk membasahkan mata.

Untuk produksi air mata berlebih yang kamu rasa tidak normal dan tidak berhenti-henti, sebaiknya langsung segera hubungi dokter. Jangan sampai kamu terlambat melaporkannya dan ternyata hal itu adalah gejala penyakit yang parah.

Sumber : Agenpoker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *