Makin Lama Berkencan Wajah Makin Mirip dengan Pasangan, Benarkah?

Makin Lama Berkencan Wajah Makin Mirip dengan Pasangan, Benarkah?

LASKARQQ LOUNGE – Terlihat menarik di mata lawan jenis bukan perkara gampang. Banyak faktor yang berperan. Mulai dari selera humor dan tingkat kecerdasan atau ekspresi wajah.

Namun, ada satu hal terkait daya tarik yang bisa kita jadikan panduan, di mana kita terlihat sangat menarik di mata seseorang yang mirip dengan kita.

Hasil itu didapat dari penelitian terbaru yang dilakukan peneliti di Stanford University dan diterbitkan dalam jurnalScientific Reports pada bulan Oktober 2020.

Dalam penelitian ini para ilmuwan di Stanford University ingin menemukan gagasan bahwa penampilan wajah pasangan yang sudah lama berkencan menjadi memiliki kemiripan.

Hal itu bisa terjadi karena lingkungan, emosi, dan aktivitas yang sama.

Dalam riset ini, peneliti memeriksa foto dari 517 pasangan di awal pernikahan, dan setelah 20-69 tahun kemudian.

BACA JUGA : Motor Curian Dijual “Online”, Dibeli oleh Pemilik yang Kecurian

situ, peneliti menggunakan perangkat lunak penilaian manusia dan pengenalan wajah untuk menilai kemiripan masing-masing pasangan.

Mereka juga memberikan tujuh foto kepada setiap partisipan, di mana salah satu foto adalah pasangan partisipan.

Hasilnya, partisipan memilih foto pasangan mereka yang memiliki kemiripan wajah.

Teknologi perangkat lunak juga memberikan hasil serupa, yaitu mencocokkan foto seorang partisipan dengan pasangannya yang mirip.

Namun, peneliti tidak menemukan bukti apa pun untuk mendukung dugaan bahwa penampilan pasangan menjadi lebih mirip seiring bertambahnya usia.

Mereka menyimpulkan, masing-masing pasangan memang sudah mirip satu sama lain sejak awal bertemu.

Studi ini juga mengungkap kemiripan wajah berbanding lurus dengan ciri-ciri lain, seperti minat, kepribadian, kecerdasan, sikap, nilai, dan kesejahteraan.

Kesimpulannya, kita terlihat sangat menarik bagi seseorang yang memiliki kemiripan wajah dengan kita.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One pada 2013 juga menemukan seseorang lebih tertarik pada lawan jenis yang memiliki kemiripan dengan mereka.

Studi ini mengumpulkan gambar wajah pasangan setiap partisipan yang diubah dengan menambahkan beberapa fitur lain.

Hasilnya, subjek atau partisipan secara konsisten menilai foto wajah yang menyertakan aspek wajah mereka sebagai sosok yang paling menarik.

Peneliti mengatakan, hal ini terjadi pada tingkat bawah sadar, karena partisipan tidak dapat mengidentifikasi wajah mereka sendiri di dalam foto.

Riset ini menyangkal hasil studi pada tahun 1987 yang diterbitkan dalam jurnal Motivation and Emotion, yang menyimpulkan setelah 25 tahun hidup bersama, ada peningkatan kesamaan fisik di antara pasangan.

Jadi, tampak menarik di mata seseorang -atau pun tertarik pada seseorang- yang memiliki kemiripan wajah dengan kita bukan hal aneh, sebab itu dijelaskan secara ilmiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *